Kamis, 25 April 2013

Jika Aku Menjadi Menteri Perekonomian


Tugas kali ini membuat saya berandai-andai menjadi menteri perekonomian. Tidak ada salahnya bukan jika saya berandai-andai menjadi menteri perekonomian ??. sebelum saya berandai-andai menjadi menteri perekonomian, saya akan membahas sedikit tentang menteri perekonomian. Seperti yang kita ketahui saat ini menteri perekonomian kita dijabat oleh Ir. M. Hatta Radjasa.

Pada awalnya Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, disingkat Kemenko Perekonomian, sebelumnya bernama "Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri", adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi koordinasi dan sinkronisasi penyiapan dan penyusunan kebijakan serta pelaksanaannya di bidang perekonomian. Kemenko Perekonomian dipimpin oleh seorang Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) sejak tanggal 22 oktober 2009

Menteri perekonomian juga mempunyai fungsi sebagai berikut:
1.      Mengkoordinasikan para menteri negara dan pimpinan lembaga pemerintah nonkementerian dalam keterpaduan pelaksanaan tugas di bidang perekonomian, termasuk pemecahan permasalahan dalam pelaksanaan tugas;
2.      Pengkoordinasian dan peningkatan keterpaduan dalam penyiapan dan perumusan kebijakan pemerintah, penyusunan rencana, program dan kegiatan kementerian dan lembaga pemerintah nonkementerian di bidang perekonomian;
3.      Penyampaian laporan hasil evaluasi, saran, dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden

Seperti yang sudah kita rasakan sudah kita alami bahwa perekonomian kita sudah lumayan membaik , walaupun dibalik kata lumayan masih banyak tersimpan kata kata yang tidak enak didengar seperti hal nya korupsi , banyak sekali petinggi petinggi negara kita yang korupsi , apalagi kalo kita ulas masalah Bank Century yang melibatkan salah satu Petinggi di negara kita.

Saat ini sangat jelas terjadi ketimpangan-ketimpangan ekonomi di Indonesia. Sebagai contoh, kita dapat menyaksikan sendiri diantara gedung-gedung yang menjulang tinggi, wara-wiri kendaraan mewah, dan fasilitas-fasilitas yang canggih dan modern pasti disudut tak jauh dari sana terdapat juga rumah-rumah kardus, dengan sanitasi yang buruk dan terlihat tak layak. Itu hanya sedikit contoh betapa tak seimbangnya perekonomian di Indonesia yang dilihat dari kondisi rumah rakyatnya.

Masalah perekonomian yang dihadapi Indonesia tak hanya dari kemiskinan rakyat, tetapi juga pengangguran, pangan dan jasa. Semua masalah itu sudah lama dihadapi Indonesia dan sampai saat ini belum dapat teratasi.

Secara garis besar ada 4 permasalahan Ekonomi Indonesia yang mendasar, yaitu :
·         Kondisi mikro sektor perbankan dan dunia usaha serta dampaknya terhadap kondisi makro   ekonomi.
·         Tingkat kompleksitas skala permasalahan yang dihadapi serta dampaknya terhadap implementasi kebijakan ekonomi.
·         Kondisi sosial politik dan keamanan serta kaitannya dengan risiko usaha.
·         Kondisi ekonomi global.

Salah satu penyebab penghambat perbaikan perekonomian di Indonesia adalah banyaknya hutang pemerintah / negara yang terlalu tinggi baik di dalam maupun diluar negeri. Perencanaan pembangunan sangat diperlukan khususnya Negara Indonesia, yang salah satu tujuan pentingnya adalah untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi. Pembangunan Nasional di Indonesia adalah pembangunan untuk mencapai tujuan nasional yang nyata seperti yang tertulis dalam UUD 1945 Indonesia.

      Dan sebuah pembangunan yang mengarah pada proses perbaikan yang memungkinkan pertumbuhan berkelanjutan (proses mandiri) tergantung pada masyarakat dan struktur sosial dan terutama tergantung pada para pemimpin nasional, sedangkan strategi Pembangunan Nasional adalah rantai kebijakan dan aplikasi tentang Pembangunan Nasional.

Untuk mengatasi masalah-masalah perekonomian yang dihadapi Indonesia, banyak sekali PR yang harus dilakukan oleh menteri perekonomian. Menteri perekonomian juga harus menjalin kerjasama yang baik dengan menteri-menteri yang lainnya agar cita-cita memperbaiki perekonomian Indonesia dapat terwujud. Tak hanya menjalin kerjasama dengan menter-menteri yang lainnya, menteri perekonomian juga harus bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang lainnya baik lembaga/organisasi local maupun internasional.

Semua ini tak lepas dari peranan orang-orang yang sangat berpengaruh dalam bidang perekonomian. Diantara orang-orang itu adalah seorang menteri perekonomian yang paling berpengaruh untuk kemajuan perekonomian tersebut. Sejak indonesia merdeka tahun 1945 banyak menteri-menteri perekonomian yang sudah mejabat di negara ini, dan sudah banyak juga strategi-strategi yang mereka jalani untuk memajukan perekonomian dinegara ini.

       Jika suatu saat saya berkesempatan menjadi salah satu orang yang sangat berpengaruh dalam bidang perekonomian seperti seorang mentri perekonomian saya akan berusaha meningkatkan daya saing negara ini dengan negara lainnya. Meningkatkan Sumebr daya Ekonomi yang ada agar menjadi negara yang mandiri, kuat dan kokoh. Dan saya akan mengubah cara pandang untuk menjadikan negara Indonesia lebih berkembang di masa yang akan datang dan dapat bersaing dengan negara-negara maju serta berkembang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Design by BlogSpotDesign | Ngetik Dot Com