Sabtu, 20 Oktober 2012

Ekonomi Koperasi-Wajah koperasi saat ini


Wajah koperasi indonesia saat ini

Kali ini saya akan menuliskan tentang wajah koperasi Indonesia saat ini. Mungkin kita semua sering mendengar kata koperasi ,namun apa sih koperasi itu sendiri ??. Koperasi itu sendiri adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Bisa juga disebutkan sebagai badan usaha yang angggotanya terdiri atas orang-orang atau kalangan masyarakat.  Di Indonesia sendiri Koperasi berlandasan atas dasar kekeluargaan dan merupakan salah satu bentuk pengamalan terhadap pancasila.

Terbentuknya suatu koperasi itu dari hasil usaha yang dilakukan para masyarakat kecil agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari ,makanya dibuatlah suatu organisasi yaitu koperasi yang berlandasan asas kekeluargaan agar didalam tubuh koperasi tumbuh jiwa kekeluargaan yang bertujuan agar ada rasa saling peduli antar sesama anggotanya.

Dengan perkembangan jaman yang semakin maju kian harinya, sampai pada saat ini sudah banyak jenis-jenis koperasi di Indonesia, koperasi yang paling kecil itu sendiri seperti koperasi sekolah dimana koperasi itu dibuat untuk menyediakan kebutuhan bagi para siswa-siswinya untuk memenuhi suatu kebutuhan. Seperti disediakannya peralalatn sekolah dengan harga yang terjangkau sehingga para siswa-siswinya tidak perlu lagi mencari peralatan sekolah diluar lingkungan sekolah.

Masih banyak lagi jenis-jenis koperasi di Indonesian sendiri seperti KUD (koperasi unit desa) yang berada di desa-desa, koperasi di pasar-pasar dan lainnya lagi. Tetapi di jaman yang serba maju seperti sekarang ini, nama koperasi perlahan-lahan sudah tenggelam apalagi di masyarakat perkotaan. Padahal manfaat koperasi itu banyak sekali tetapi sekarang orang-orang lebih senang tidak menggunakan koperasi.

Dengan banyaknya jenis-jenis koperasi di Indonesia bukan malah membuat perkembangan koperasi menjadi maju secara signifikan ,tetapi perkembangan koperasi di Indonesia pada saat ini amat memprihatinkan.  Mungkin banyak pada saat ini orang-orang yang sudah tidak mendengar lagi adanya koperasi bahkan ada yang tidak tau sama sekali tentang koperasi. Sungguh memprihatinkan bukan nama koperasi kini perlahan-lahan tenggelam entah kemana.

Sebaiknya didalam pembentukan suatu koperasi diperhatikan mutu dari Sumber Daya Manusia (SDM) (baik anggota, pengurus, pengelola maupun pengawas) dalam menjalankan koperasi dengan suatu visi dan misi yang telah disepakati agar terwujudnya koperasi yang diinginkan dan memberikan manfaat bagi banyak pihak.

Sumber Daya Manusia (SDM) yang berada di koperasi tidak sama dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berada di dalam suatu perusahaan. Dimana setiap Sumber Daya Manusia (SDM) yang berada di dalam perusahaan selalu melakukan pekerjaannya atau tugasnya dengan usaha dan kerja keras sendiri tidak seperti koperasi yang dalam menjalankan pekerjaannya atau tugasnya selalu di anak emaskan oleh pemerintah sehingga membuat Sumber Daya Manusia (SDM) koperasi menjadi malas dan tidak ada mental yang kuat.

Akibatnya mental dari para pengurus, pengelola maupun pengawasnya menjadi tidak ada seperti tidak mandiri dan menjadi ketergantungan kepada pemerintah. Sehingga para Sumber Daya Manusia (SDM) yang berada dalam koperasi tidak mengandalkan kemampuan dirinya sehingga para Sumber Daya Manusia (SDM) koperasi menjadi kalah saing terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) perusahaan yang pada dasarnya selalu mengandalkan kemampuan dirinya sendiri.

Padahal Sumber Daya Manusia (SDM) sangat mempengaruhi pertumbuhan koperasi ,maka perlu adanya  perbaikan dari mutu Sumber Daya Manusia (SDM)nya. Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan yang berkompeten lah yang dapat memajukan pertumbuhan koperasi ,namun bukan hanya itu baik dari anggota, pengurus, pengelola maupun pengawas juga mempunyai peranan yang sangat penting agar semuanya dapat terlaksana sesuai dengan tujuan dari koperasi itu sendiri.

Mungkin perlu juga diadakan pendidikan tentang koperasi bagi Sumber Daya Manusia (SDM)nya agar setiap anggota, pengurus, pengelola maupun pengawasnya tahu akan tugas-tugas yang seharusnya mereka lakukan. Mungkin mereka tidak memahami sama sekali tentang asas dan prinsip-prinsip dasar koperasi karena mungkin diantara mereka ada yang berasal dari lingkungan di luar koperasi.

Akibat dari adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berasal dari lingkungan di luar koperasi maka akan menimbulkan suatu kebijakan-kebijakan yang diambil tidak relevan. Kebijakan-kebijakan seperti itulah yang pada akhirnya membunuh kreativitas kalangan yang menginginkan koperasi tumbuh dan berkembang sesuai dengan asas dan prinsip dasarnya. Dan tidak ada salahnya bukan memberikan pendidikan tentang koperasi agar Sumber Daya Manusia (SDM)nya memahami asas dan prinsip-prinsip dasar koperasi.

Selain itu harus ada kemampuan dan kesanggupan koperasi untuk berpotensi secara lebih produktif dan lebih efisien sebagai wujud pelaku ekonomi yang berkeunggulan kompetitif dalam menghadapi era globalisasi. Sekarang ini persaingan dalam dunia industri pun semakin tajam karena sudah banyak masuknya produk-produk dari luar negeri sehingga dapat menghambat pertumbuhan produk-produk di Indonesia.

Koperasi juga harus mengetahui bagaimana keadaan permodalan dan keuangan di dalam koperasi. Yang mempersulit modal koperasi itu sendiri karena belum adanya kerjasamanya antara koperasi dengan bank. Bank tidak berani meminjamkan modal kepada koperasi karena cara pengelolaan koperasi belum professional sehingga bank belum mempercayai koperasi sebagai krediturnya.

Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan agar koperasi saat ini menjadi maju dan masih tetap diketahui banyak orang. pengelolaan kopesasi harus professional dan mengandalkan kemampuran para SDMnya sendiri. citra koperasi harus dijaga agar tetap konsisten sampai saat ini. Perbanyak koperasi bukan malah perbanyak minimarket yang sekarang ini sebagai alat atau tempat yang dapat melengkapi kebutuhan masyarakat.

Tujuan dari koperasi itu sendiri adalah untuk memenuhi kebutuhan setiap para anggotanya. Koperasi juga sebagai tempat atau usaha simpan pinjam yang bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya. Tetapi saat ini di daerah perkotaan sudah jarang atau tidak produktifitas lagi suatu perkoperasian.

Wajah koperasi indonesia saat ini benar-benar sangat memprihatinkan. Sekarang ini nama koperasi pun sudah jarang terdengar di daerah perkotaan malah sekarang ini lebih banyak terdengar mini market yang telah menjamur di setiap titik di ibu kota.

Banyaknya mini market ini disebabkan karena para Sumber Daya Manusia (SDM)ya dapat mengelolah secara profisional dan adanya manajement yang sangat terstruktual. Bukan hanya itu para Sumber Daya Manusia (SDM) di mini market memiliki mental yang kuat dan mengandalkan kemampuan yang ada pada dirinya bukan mengandalkan bantuan semata.

Sungguh disayangkan sekali bukan koperasi yang seharusnya menjadi suatu wadah bagi masyarakat dan para anggotanya namun sekarang koperasi tidak dapat berkembang dan tidak dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Koperasi di Indonesia pada saat ini dapat dikatakan seperti pepatah “hidup segan mati pun tak mau.”

Jika koperasi dapat menyetarakan harga barang-barang yang dijualnya dengan took-toko atau tempat-tempat lain seperti mini market, mungkin koperasi tetap dapat berkembang pada saat ini karena laba yang di dapat olek koperasi dapat mengembalikan laba atau Sisa Hasil Usaha (SHU). jadi koperasi tetap dapat berkembang dengan permodalan dari usahanya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Design by BlogSpotDesign | Ngetik Dot Com