Minggu, 13 Januari 2013

INVESTASI

Investasi.. kedengarannya memang menarik, dengan berinvestasi kita dapat meningkatkan nilai pada asset yang akan di investasikan. Namun jangan salah loh dan jangan asal-asalan untuk memulai berinvestasi

Jika ingin memulai untuk mencoba berinvestasi maka kenali dan pahamilah terlebih dahulu apa itu investasi. Pada awalnya kita semua mempunyai perencanaan keuangan untuk menentukan atau merencanakan anggaran keuangan yang kita miliki. Secara komprehensif, perencanaan keuangan terdiri dari beberapa aktivitas perencanaan seperti investasi, asuransi, pensiun, pendistribusian kekayaan dan pajak.

Investasi adalah aktivitas menempatkan sejumlah dana pada satu atau lebih asset selama periode tertentu dengan harapan mendapatkan penghasilan tambahan dan atau peningkatan nilai pada asset investasi tersebut. Tujuan dari investasi itu sendiri adalah untuk meningkatkan kesejahteraan di masa mendatang.

Mengapa perlu melakukan investasi??. Setiap manusia pasti memiliki biaya untuk memenuhi kehidupannya. Biaya hidup akan terus mengalami peningkatan pada masa mendatang. Biaya hidup yang terus menerus meningkat disebabkan karena adanya laju inflasi. Dimasa mendatang biaya hidup akan terus mengalami peningkatan, apabila tidak dilakukan investasi yang pengembaliannya sama dengan tingkat inflasi tersebut, maka secara nyata nilai uang yang dimiliki mengalami penurunan.

Selain itu adanya pemenuhan kebutuhan terhadap asset yang ditimbulkan karena suatu kebutuhan. Kebutuhan individu terhadap asset tetap seperti gadget, kendaraan, dan rumah yang harus dipenuhi menyebabkan seseorang harus menyisihkan uangnya untuk di investasikan agar setiap pemenuhan kebutuhan yang dihadapi oleh seseorang dapat terpenuhi.

Keuangan individu lainnya juga merupakan alasan mengapa seseorang melakukan investasi. Tujuan dari keuangan yang telah ditetapkan sebagai perencanaan keuangan juga perlu di realisasikan pada target waktu yang telah ditetapkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Design by BlogSpotDesign | Ngetik Dot Com