Minggu, 13 Januari 2013

Teater


Pernah gak nonton teater ?? atau dengar namanya pernah ?? yaa dikampus juga pasti ada dong acara yang namanya teater. Bahkan teater juga merupakan sebuah ekskul dalam Sekolah Menengah Atas yaa tidak semua SMA tepatnya. Atau kalau perlu pergi aja ke gedung kesenian Jakarta yaa siapa tau aja lagi ada pertunjukan teater disana. Hee

Dan apa sih teater itu sendiri ?? ketika menikmati rangkaian dialog bersahutan yang diiringi musik, nyanyian, tarian serta siraman lampu sorot yang menawan, memang selalu menggetarkan emosi.

Begitulah yang dimaksud dengan teater, sebagai elaborasi dari berbagai seni panggung, senantiasa mengundang tawa, kerut di kening bahkan tangis haru para penonton. Walaupun sekilas mirip dengan drama, ternyata teater berbeda karena cakupan teater lebih luas. Teater bisa juga disebut sebagai keseluruhan proses pembuatan drama. Sedangkan drama merupakan deskripsi kehidupan yang diangkat dalam pementasan peran, sedangkan teater meliputi penulisan naskah, penokohan, interaksi dengan masyarakat, penggambaran paham, serta banyak unsur lainnya.

Teater dapat menjadi ajang berlatih pemain film dalam meleburkan diri dengan peran.
Ada banyak alasan mengapa teater begitu menarik bagi para pelakunya. Tentu saja, bukan hanya dari insan teater itu sendiri seperti orang-orang yang melenggak-lenggok di atas pentas, tetapi juga tangan-tangan dibalik itu semua. Seperti yang menulis naskah, menjadi sutradara, yang membuat dekorasi panggung, bahkan penonton atau penikmat dari teater yang setia.

Teater, seperti kebanyakan seni yang tidak populer lainya, sulit naik ke permukaan karena orang selalu mempertanyakan nilain dari teater itu sendiri. Setiap seni pasti hidup untuk satu alasan. Walaupun bukan untuk sesuatu yang bernilai komersial, selalu ada yang menjadikan setiap seni bertahan seperti teater ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Design by BlogSpotDesign | Ngetik Dot Com